
Pada setiap paragraf terdapat pikiran utama dan pikiran penjelas. pikiran utama sebuah paragraf dapat dicari dengan cara sebagai berikut.
1. membaca kalimat dalam paragraf satu demi satu
2. menentukan inti paragraf tersebut. inti paragraf itulah yg disebut pikiran utama.
inti paragraf biasanya terungkap secara jelas atau terlihat pada kalimat yg ada dalam paragraf. kalimat yg memuat pikiran utama disebut kalimat utama, sedangkan kalimat yg memuat pikiran penjelas disebut kalimat penjelas. akan tetapi, terdapat pula paragraf yg tersusun atas kalimat-kalimat yg berkedudukan sama. dengan kata lain ada paragraf yg pikiran utamanya tidak tersurat dalam kalimat utamanya, namun tersirat pada keseluruhan paragraf.
Pengertian Ide pokok, Kalimat Utama, dan Kalimat Penjelas
Ide pokok adalah ide/
gagasan yang menjadi pokok
pengembangan paragraf. Ide
pokok ini terdapat dalam
kalimat utama. Nama lain ide
pokok adalah gagasan utama, gagasan pokok. Dalam satu
paragraf hanya ada satu ide
pokok.
Kalimat utama adalah kalimat
yang di dalamnya terdapat
ide pokok paragraf. Kalimat utama ini dijelaskan oleh
kalimat-kalimat lain dalam
paragraf tersebut, yang
disebut dengan kalimat
penjelas. Nama lain untuk
kalimat utama adalah kalimat topik.
Kalimat penjelas yaitu
kalimat yang menjelaskan
kalimat utama.
selanjutnya, dimanakah kita dapat menentukan letak ide pokok atau pikiran utama? agar lebih jelasnya, perhatikan penjelasan berikut!
Paragraf Deduktif
Pada paragraf deduktif kalimat utama
terletak di awal paragraf.
Gagasan pokok/kalimat utama
dinyatakan lebih dahulu baru
diikuti kalimat penjelas.
Kalimat utama Contoh :
- Seseorang akan diuji
dengan apa
yang ia
memiliki. Ketika
ia memiliki ilmu,
maka dia akan diuji dengan
ilmu tersebut
sejauh mana
ilmu itu
bermanfaat.
Ketika seseorang
mempunyai
harta maka dia
akan diuji
dengan sejauh
mana ia mampu mendistribusika
n hartanya
kepada orang
lain. - Menkomin fo Tifatul
Sembiring
mengancam
akan menutup
layanan
Blackberry di Indonesia bila
produsennya,
Research in
Motion (RIM),
menolak untuk
memblokir konten
pornografi.
Kami sudah
memanggil RIM
yang sudah
bekerja sama dengan enam
operator di
Indonesia,
kata Tifatul di
Jakarta,
Selasa. Ia mengatakan,
bila ternyata
konten
pornografi
Internet masih
dapat diakses melalui
Blackberry,
pihaknya akan
dengan tegas
memberikan
teguran kepada pabrikan ponsel
pintar
tersebut.
Menteri
menyatakan
tidak akan segan-segan
menutup
layanan
Blackberry di
Indonesia bila
RIM menolak memblokir
pornografi.
Kalimat (1) kalimat utamanya adalah Seseorang
diuji dengan apa yang ia
miliki. Ide pokoknya adalah
ujian untuk seseorang (atau
bisa juga ujian untuk seorang
manusia).
Kalimat (2) kalimat utamanya adalah
Menkominfo Tifatul
Sembiring mengancam akan
menutup layanan Blackberry
di Indonesia bila produsennya,
Research in Motion (RIM), menolak untuk memblokir
konten pornografi. Ide
pokoknya adalah ancaman
Menkominfo Tifatul
Sembiring.
Kanker masih menjadi pembunuh nomor 1 di Indonesia. Hal ini dipengaruhi oleh gaya hidup yang tidak baik, pola makan yang tidak teratur, merokok, dll. Setiap manusia beresiko untuk terkena penyakit
kanker, karena di dalam setiap tubuh manusia terdapat sel kanker pasif yang sewaktu- waktu bisa menjadi aktif akibat dari penurunan antibodi yang disebakan gaya hidup yang tidak
baik.
kalimat utamanya adalah
Kanker masih menjadi pembunuh nomor 1 di Indonesia.
Ide
pokoknya adalah Kanker masih menjadi pembunuh nomor 1 di Indonesia.
Setiap hari selalu terjadi kemacetan di Jakarta. Hal ini disebabkan oleh beberapa
faktor, antara lain yang pertama, jumlah armada yang banyak tidak seimbang dengan luas jalan. Kedua, kedisiplinan pengendara kendaraan sangat minim. Ketiga, banyak tempat yang memunculkan gangguan lalu
lintas, misalnya pasar, rel kereta api, pedagang kaki lima, halte yang tidak difungsikan, banjir, dan sebagainya. Keempat, kurang tegasnya petugas yang berwenang dalam mengatur lalu lintas serta menindak para pelanggar lalu lintas.
Ide
pokoknya adalah Setiap hari selalu terjadi kemacetan di Jakarta.
Paragraf Induktif
Pada paragraf induktif kalimat utama terletak di
akhir paragraf. Kalimat
penjelas disampaikan lebih
dahulu, baru kalimat utama.
Contoh :
- Ini adalah pelajaran yang
mesti diketahui
setiap orang tua.
Doa mereka sungguh
ajaib jika itu
ditujukan pada anak- anak mereka. Jika
orang tua ingin
anaknya menjadi
saleh dan baik, maka
doakanlah mereka
karena doa orang tua adalah doa yang
mudah diijabahi. Jika
orang tua
mendoakan jelek
pada anaknya, maka
itu pun akan terkabulkan. Jadi,
orang tua mesti
hati-hati dalam
mendoakan anaknya. - Orang yang sekali melakukan dosa dan ia enggan
bertobat, maka ia akan
tergoda untuk melakukan yang
kedua kali, ketiga kali, dan
seterusnya. Lalu dosa-
dosanya itu akan semakin bertumpuk-tumpuk sehingga
mengalahkan amal baiknya.
Ibarat racun dalam tubuh,
dosanya akan menggerogoti
kesehatannya dari ke hari,
sehingga tubuhnya kian lemah dan penuh penyakit.
Sesungguhnya dosa besar
maupun kecil bila dilakukan
secara terus-menerus akan
berdampak sangat buruk bagi
pelakunya.
Kalimat utama kalimat (1) adalah Jadi, orang tua mesti
hati-hati dalam mendoakan
anaknya. Ide pokoknya adalah
hati-hati mendoakan anak.
Kalimat (2) kalimat utamanya
adalah Sesungguhnya dosa besar maupun kecil bila
dilakukan secara terus
menerus akan berdampak
sangat buruk bagi jiwa dan
raga pelakunya. Ide pokoknya
adalah dampak buruk dosa.
dari kelok pertama sampai kelok ke-44, kami masih menikmati panorama yang masih perawan. Sampai di tepi danau Maninjau terlihat hamparan air yang dikelilingi bukit-bukit yang menjulang. Tampak dari kejauhan nelayan dengan sampan tradisional mencari ikan di tengah danau. Meskipun serasa di tepi pantai, angin sejuk selalu menyapa dengan lembut. Sungguh molek alam Minangkabau yang belum terjamah tangan-tangan jahil ini.
ide pokoknya adalah :
Sungguh molek alam Minangkabau yang belum terjamah tangan-tangan jahil ini.
Pada waktu anak didik memasuki pendidikan formal, pendidikan bahasa Indonesia secara metodologis dan sistematis bukanlah merupakan halangan baginya untuk memperluas dan memantapkan bahasa daerah. SEtelah anak didik meninggalkan
kelas, ia kembali mempergunakan bahasa daerah dengan teman-temannya atau orang tuanya. ia merasa lebih intim dengan bahasa daerah. jam sekolah hanya berlangsung selama beberapa jam. Baik waktu istirahat ataupun diantara jam-jam pelajaran, unsur-unsur bahasa daerah tetap digunakan. Ditambah lagi jika sekolah itu bersifat homogen dan gurunya penutur asli bahasa daeah itu. Faktor- faktor inilah yang menyebabkan pengetahuan si anak terhadap bahasa daerahnya akan tetap maju
ide pokoknya adalah :
Faktor- faktor inilah yang menyebabkan pengetahuan si anak terhadap bahasa daerahnya akan tetap maju
Pengertian Paragraf Campuran
Paragraf campuran adalah sebuah paragraf yang
mempunyai kalimat pokok pada
awal dan akhir paragraf. Dalam
jenis paragraf ini, terdapat
kalimat kalimat penjelas yang
berada di antara kedua kalimat pokok di awal dan di akhir
paragraf tersebut. Dengan
begitu akan terbentuk sebuah
paragraf yang terdiri 3 bagian
yang bersifat umum-khusus-
umum. Hal menjadi poin penting dalam penulisan jenis paragraf
campuran, seorang penulis harus
dapat memberikan batas
pembeda yang jelas pada tiga
bagian yaitu awal paragraf,
tengah paragraf dan akhir paragraf.
Sesuai dengan skema struktur
paragraf campuran diatas.
Kalimat atau ide pokok harus
ditampilkan terlebih dahulu pada
awal kalimat. Kalimat tersebut
berfungsi sebagai pengenalan dan juga peletakan pondasi ide
paragraf tersebut. Setelah itu
pada bagian tengah paragraf,
terdapat kalimat kalimat
penjelas yang lebih bersifat
khusus. Kalimat kalimat tersebut umumnya ditulis
dengan jumlah yang lebih
banyak. Dan yang terakhir pada
penutupan paragraf, terdapat
kalimat pokok yang ditampilkan
kembali. Di sini fungsi nya ialah memberikan penguat dan juga
kesimpulan dari apa yang telah
dijabarkann sebelumnya.
Ciri-ciri Paragraf Campuran
Beberapa hal yang bisa
dicermati untuk membedakan
paragraf campuran dengan
jenis paragraf lain adalah:
- Adanya kalimat pokok pada
awal dan akhir paragraf - Adanya kalimat kalimat
penjelas atau pendukung pada
bagian tengah paragraf. - Mempunyai struktur paragraf
umum-khusus-umum. - Adanya pengulangan atau
variasi pada beberapa kata
kunci atau keyword pada awal
dan akhir paragraf.
Contoh Paragraf Campuran
Malam harinya kami mulai sibuk. Barang sewaan mulai berdatangan. Tenda dipasang langsung oleh petugas. Keluarga inti berbincang-bincang
merancang bagaimana arena harus diatur. Di mana tempat duduk anak yang dikhitan, di mana kursi undangan, tempat pembawa acara, pembicara, dan sebagainya. Sebagian menyiapkan dipan tempat khitanan dengan hiasan-hiasan spreinya. sebagian tetap di dapur menyiapkan makan selanjutnya. Ada pula yang membuat panganan untuk penambah makanan kecil. Pokoknya semua bekerja.
Gagasan utama paragraf tersebut terdapat diawal dan diakhir paragraf (Campuran), yaitu:
1. Malam harinya kami mulai
sibuk.
2. Pokoknya semua bekerja.
Pasar modal berbeda dengan pasar uang. Pada dasarnya, pasar modal (capital market) merupakan pasar untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang bisa diperjualbelikan, baik dalam bentuk uang ataupun modal sendiri. Jika pasar modal merupakan untuk surat berharga berjangka panjang, maka pasar uang (money market) pada sisi yang lain merupakan pasar surat berharga jangka pendek. Baik pasar modal maupun pasar uang merupakan bagian dari pasar keuangan (financial market).
Gagasan utama paragraf tersebut terdapat diawal dan diakhir paragraf (Campuran), yaitu:
1. Pasar modal berbeda
dengan pasar uang.
2. Baik pasar modal maupun
pasar uang merupakan
bagian dari pasar keuangan
(financial market).
Kondisi perairan Sulawesi Utara (Sultra) kini sangat memprihatinkan karena menjadi lahan pengeboman oleh oknum- oknum yang tidak bertanggung jawab. Hal ini dikatakan instruktur Selam, Rio Hariyanto, di depan peserta Diklat Selam dan Metedologi Penelitian Terumbu Karang di Pulau Bakori, Soropiah , Kabupaten Kendari, Sultra baru- baru ini. Dikatakan olehnya, maraknya pengeboman ikan dengan bahan peledak di perairan sultra akhir-akhir ini, merupakan ancaman bagi upaya menjual potensi objek wisata bahari daerah Sultra ini. Kepada Wisman maupun domestik, ia menyatakan pula, selama lima hari berada di objek wisata Bahari Pulau Bokori, tak henti-hentinya ia mendengar letusan bom ikan bagaikan perang di tengah laut. Ia bersama peserta diklat yang melakukan penyelaman menyaksikan secara langsung kondisi terumbu karang yang hampoir 100
persen rusak berat akibat pengeboman.
Gagasan utama paragraf tersebut terdapat diawal dan diakhir paragraf (Campuran), yaitu:
1. Kondisi perairan Sulawesi
Utara (Sultra) kini sangat
memprihatinkan karena
menjadi lahan pengeboman
oleh oknum- oknum yang
tidak bertanggung jawab.
2. Ia bersama peserta diklat
yang melakukan
penyelaman menyaksikan
secara langsung kondisi
terumbu karang yang
hampoir 100 persen rusak berat akibat pengeboman.
Pikiran utama tersirat dalam setiap paragraf
adakalanya setiap paragraf tidak memuat secara eksplisit pikiran utamanya. pikiran utamanya tersirat dalam keseluruhan paragraf dan kalimat-kalimat yg membentuk paragraf tersebut mempunyai kedudukan yg sama pentingnya. paragraf seperti ini biasanya berupa uraian uraian yg besifat naratif dan deskriptif.
Paragraf Narasi merupakan salah satu jenis paragraf
yang mengisahkan suatu
kejadian atau peristiwa
berdasarkan urutan waktu.
Paragraf narasi terdiri atas
narasi kejadian dan narasi runtut cerita.
Contoh Paragraf Narasi :
Liburan sekolah beberapa
tahun yang lalu, saya dan ibu
pergi ke Pontianak. Pontianak
merupakan ibu kota Provinsi
Kalimantan Barat.
Di Pontianak, banyak sekali keunikan dan tempat menarik
yang merupakan ciri khas
KOta Pontianak. Perjalanan
kurang lebih 2 jam dengan
menggunakan pesawat.
Tempat pertama yang saya kunjungi adalah Sintawang.
Waktu tempuh menuju
Sintawang kurang lebih
sembilan jam dari Pontianak
jika menggunakan mobil.
daerah ini terkenal sebagai penghasil tenun ikat. Motif
tenun ikatnya sangat unik dan
coraknya sangat khas
Kalimantan Barat. Harga
tenun ikat ini tergolong mahal,
tergantung motif dan bahannya. Harganya bisa
mencapai ratusan ribu, bahkan
jutaan Rupiah.
Paragraf Deskripsi : Karangan ini berisi gambaran mengenai
suatu hal/keadaan sehingga
pembaca seolah-olah melihat,
mendengar, atau merasakan
hal tersebut.
Contoh Paragraf Deskripsi :
Pemandangan Pantai
Parangtritis - Yogya sangat
mempesona. di sebelah kiri
terlihat tebing yang sangat
tinggi dan di sebelah kanan
kita bisa melihat batu karang besar yang seolah-olah siap
menjaga gempuran ombak
yang datang setiap saat.
Banyaknya wisatawan yang
selalu mengunjungi Pantai
Parangtritis ini membuat pantai ini tidak pernah sepi
dari pengunjung. Di pantai
Parangtritis ini kita bisa
bermain pasir dan merasakan
hembusan segar angin laut.
Kita juga bisa naik kuda ataupun angkutan sejenis
andong yang bisa membawa
kita ke area karang laut yang
sungguh sangat indah. Disore
hari, kita bisa melihat
matahari terbenam yang merupakan momen sangat
istimewa melihat matahari
yang seolah-olah amsuk ke
dalam hamparan air laut.
Paragraf Eksposisi :
Menjelaskan atau memaparkan
tentang sesuatu dengan
tujuan memberi informasi dan
menambah wawasan.
Contoh Paragraf Eksposisi
Parangtritis adalah nama
desa di kecamatan Kretek,
Bantul, Daerah Istimewa
Yogyakarta. Di desa ini
terdapat pantai Samudera
Hindia yang terletak kurang lebih 25 km sebelah selatan
kota Yogyakarta.
Parangtritis merupakan objek
wisata yang cukup terkenal di
Yogyakarta selain objek
pantai lainnya seperti Samas, Baron, Kukup, Krakal dan
Glagah. Parangtritis
mempunyai keunikan
pemandangan yang tidak
terdapat pada objek wisata
lainnya yaitu selain ombak yang besar juga adanya
gunung-gunung pasir yang
tinggi di sekitar pantai,
gunung pasir tersebut biasa
disebut gumuk. Objek wisata
ini sudah dikelola oleh pihak pemda Bantul dengan cukup
baik, mulai dari fasilitas
penginapan maupun pasar
yang menjajakan souvenir
khas Parangtritis. Selain itu
ada pemandian yang disebut parang wedang konon air di
pemandian dapat
menyembuhkan berbagai
macam penyakit diantaranya
penyakit kulit, air dari
pemandian tersebut mengandung belerang yang
berasal dari pengunungan di
lokasi tersebut. Air panas
dari parang wedang dialirkan
ke pantai parangtritis untuk
bilas setelah bermain pasir dan juga mengairi kolam kecil
bermain anak-anak. Di
Parangtritis ada juga ATV,
kereta kuda & kuda yang
dapat disewa untuk menyusuri
pantai dari timur ke barat. selain itu juga parangtritis
sebagai tempat untuk
olahraga udara/aeromodeling.
Paragraf argumentasi adalah sebuah paragraf yang
menjelaskan pendapat dengan
berbagai keterangan dan
alasan. Hal ini dimaksudkan
untuk meyakinkan pembaca.
Selain itu, paragraf tersebut dikembangkan dengan pola
pengembangan sebab akibat.
Hubungan sebab akibat mula-
mula bertolak dari suatu
peristiwa yang dianggap
sebagai sebab yang diketahui, kemudian bergerak maju
menuju suatu kesimpulan
sebagai efek atau akibat. Efek
yang muncul dapat berupa
efek tunggal dan efek jamak
(bersama-sama)
Contoh Paragraf Argumentasi
Pendidikan gratis hanya janji
yang bergema luas saat
kampanye dan pemilihan
pimpinan daerah maupun
pusat. Saat pemilihan usai
akan lain ceritanya. Anak- anak miskin di kota, desa, dan
pedalaman tetap mengalami
kesulitan untuk mengakses
pendidikan yang layak. Di
perkotaan sekolah berlomba-
lomba meningkatkan sarana dan prasaran dengan jalan
menaikkan pungutan dengan
dalil sumbangan pendidikan,
uang gedung, dan lain-lain
karena biasanya masyarakat
perkotaan lebih memilih sekolah yang mempunyai
sarana pendidikan yang baik
sehingga mereka tidak akan
segan untuk membayar mahal
demi memberikan pendidikan
yang terbaik bagi anak-anak mereka. Sebaliknya di
pinggiran kota, pedesaan, dan
pedalaman, sekolah tidak bisa
mengenakan pungutan kepada
orang tua siswa karena tidak
ada lagi yang bisa dipungut dari masyarakat. Para siswa
harus puas dengan kondisi
fasilitas pendidikan yang jauh
dari kata layak.
Paragraf Persuasi adalah paragraf yang berisi ajakan.
Paragraf persuasi bertujuan
untuk membujuk pembaca agar
mau melakukan sesuatu yang
dikehendaki oleh penulis. Agar
pembaca menjadi terpengaruh, maka penulis harus
melampirkan bukti dan data-
data pendukung.
Contoh Paragraf Persuarsi
Pendidikan merupakan salah
satu sarana untuk
menghasilkan penduduk yang
berkualitas sebagai modal
pembangunan. Tingkat
pendidikan seseorang akan berpengaruh bagi penguasaan
ilmu pengetahuan dan
teknologi yang amat sangat
penting di abad ke-21 ini.
Indonesia sebagai negara
berkembang, masih memiliki tingkat pendidikan yang bisa
dibilang masih cukup rendah.
Menurut data United Nation
Development Programme
(UNDP), tingkat pendidikan
masyarakat Indonesia berada di peringkat 124 dari 187
negara yang disurvei.
Tingginya angka putus sekolah
karena ketidakadaan biaya
mungkin menjadi sebab
rendahnya tingkat pendidikan masyarakat Indonesia ini. Oleh
karena itu, sudah menjadi
tanggungjawab seluruh
komponen bangsa untuk
membantu mereka yang
membutuhkan agar dapat melanjutkan pendidikannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar